Pluviophile dan Nyctophilia




Jumat, 29 April 2016

    
 
Pluviophile dan nyctophilia merupakan istilah di dalam ilmu psikologi. Dalam ilmu psikologi terdapat banyak istilah yang menjelaskan tentang apa,bagaimana dan mengapa suatu tingkah laku dapat terjadi. ketika saya membaca sebuah artikel saya menemukan istilah-istilah unik yang sebelumnya saya tidak pernah mendengarnya, ada dua istilah yang membuat saya tertarik untuk membahasnya yaitu pluviophile dan nyctophilia.
   Pluviophile, apa sih sebenarnya pluviophile itu? pluviophile adalah sebutan bagi para pencinta hujan. Pluviophile bisa disebut juga penyakit kejiwaan atau gangguan psikologis dimana penderitnya merasakan kedamaian dan kebahagiaan saat hujan turun. dari salah satu artikel yang saya baca salah satu ciri pluviophile adalah bila hujan turun ketika orang lain mencari tempat untuk berteduh tetapi pluviophile akan melompat ke tengah hujan tanpa memperdulikan apapun.Hujan memang bisa membawa ke tenangan bagi sebagian orang, itupun yang saya rasakan saat turunnya hujan, ketika perasaan saya sedang sedih dan hujan turun saya merasa lebih tenang dan lega, saya juga suka bila bisa bermain di tengah hujan,ketika pulang sekolah dulu semasa SMA bila turun hujan saya sengaja tidak memkai payung ataupun jas hujan supaya bisa bermain hujan-hujanan. Apakah saya seorang penderita pluviophile? entahlah,tetapi yang saya tahu hujan adalah anugerah dari Allah SWT dan patut kita syukuri bukan kita keluhkan atau marah saat datangnya hujan dan saya sangat senang bila hujan turun.

sedangkan Nyctophilia adalah istilah psikologi untuk seseorang yang suka akan kegelapan dan malam hari. bila sebagian besar orang takut akan kegelapn nyctophilia malah merasa sebaliknya, nyctophilia dapat merasakan ketenangan dan mendapat rasa nyaman di kegelapan. saya tidak menyukai kegelapan bila todak ada penerangan sama sekali namun saya  menyukai malam hari terutama di atas pukul 22.00 disaat orang lain sudah tertidur suasana malam sangat lah tenang, tidak ada kebisingan dan kesibukan orang-orang ,jam dimana saya bisa belajar dengan tenang . 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Flickr Images

Featured Posts

Featured Posts

Featured Posts

Popular Posts

Site Links

Follow us on Facebook

Popular Posts

Video of the day

Copyright © 2015 • melancholyrain